HELLO, I'M DINDA :) THIS IS MY OFFICIAL PAGE. THANK'S FOR VISITTING MY PAGE. ENJOY!

Wednesday, May 30, 2012

Galaksi

Kamu tau galaksi? Bukan handphone galaksi sams*ng atau, tablet galaksi loh yah-_-. Ituloh kumpulan bintang, gas beserta benda-benda langit yang lain. Aku suka banget belajar beginian, belajar tentang tata surya, soalnya aku dulu sempet pengen jadi astronot:p haha
Jadi galaksi itu ada bermacam-macam, ada galaksi bima sakti, andromeda, triangulum, sombrero, antennae dan masih banyaaaaaakkkk lagi deh. Dari berbagai macam galaksi ini, kita tinggal di salah 1 galaksi itu juga, di galaksi bimasakti atau milky way.

1.Galaksi Bimasakti:
Nama bimasakti (Indonesia) ini didapat dari orang-orang indonesia yang melihat susunan bintang-bintang galaksi ini jika ditarik garis, akan membentuk tokoh pewayangan yang berkulit hitam, yaitu Bima. Sedangkan nama milky way (Inggris) di dapat dari orang-orang barat yang melihat susunan galaksi ini yg berbentuk pita kabut yang berwarna putih terang seperti warna susu, yang sesungguhnya itu adalah kumpulan bintang-bintang.
Didalam galaksi Bimasakti ini terdapat planet yang kita tinggali, Bumi. Dipusat galaksi ini terdapat sebuah Lubang Hitam Supermasif (Black Hole) yang terdapat di sekitaran Sagitarius A. Galaksi Bimasakti sendiri adalah galaksi yang berbentuk spiral yang termasuk tipe Hubble SBbc dengan total massanya sekitar 10^{12} massa matahari *eh gile, kebayang gak tuh besarnya kaya apa-_-* yang memiliki 200-400 miliar bintang di dalam nya yang berdiameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalannya mencapai 1000 tahun cahaya. Jarak matahari dengan pusat galaksi itu diperkirakan sekitar 27.700 tahun cahaya. Tata surya kita memerlukan waktu 225-250 juta tahun cahaya untuk mengitari orbit. Kecepatan orbit tata surya adalah 217 km/s.

Ohiya, tentang Black Hole Sepermassive ini diyakini bisa mengisap asteroid disekitarnya. Dulu aku pernah nonton sebuah cerita gitu di saluran tv kabel, Disney Channel. Cerita itu judul Minutemmen kalo gak salah ya. Disitu diceritakan, 3 orang remaja laki-laki berpetualang di dimensi waktu yang mereka buat menggunakan mesin waktu dibawah tanah. Awalnya sih baik-baik aja, tapi lama-kelamaan, karena keseringan mereka menjelajahi waktu membuat Black Hole itu semakin membesar dan akan menghisap bumi, dan cara untuk mengembalikan black hole seperti semula, aku lupa kelanjutannya-_- ini gambar Bimasakti dan Black Hole.

Galaksi Bima Sakti

Supermassive Black Hole

2. Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, NGC 224 salah satu galaksi diluar galaksi Bimasakti atau yang paling dekat dengan galaksi kita. Galaksi Andromeda dapat dilihat dengan mata telanjang asal kan tidak ada bulan dan tidak ada polusi cahaya. Galaksi Andromeda ini berbentuk spiral, yang biasanya terlihat di langit bagian utara pada bulan September, Oktober, dan November. Ukuran galaksi ini 7x diameter bulan. Galaksi ini berisi 1 triliun bintang dan kecepatan nya bergerak mendekati Bima Sakti adalah 300 km/s.

Galaksi Andromeda

3. Galaksi Triangulum
Galaksi Triangulum adalah galaksi spiral tipe SA(s)cd yang termasuk di dalam galaksi Bimasakti dan Andromeda. Jaraknya kira-kira 3 juta tahun cahaya dari bumi di rasi bintang Triangulum. Nama lain galaksi ini adalah Messie 33, M33, NGC 598 dan Galaksi Roda Peniti. 

Galaksi Triangulum

4. Galaksi Sombrero
Galaksi Sombrero juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594 adalah salah satu galaksi spiral di rasi bintang Virgo. M104 adalah galaksi utama di kelompok galaksi M104. Dari bumi galaksi ini terlihat seperti topi sombrero. 

Galaksi Sombrero

5. Galaksi Antennae:
Galaksi Antena adalah sepasang galaksi yang berinteraksi di Corvus Kontelasi. Nama lainnya yaitu NGC4039 dan NGC4038 atau NGC Caldwell 61 dan NGC Caldwell 60. Saat ini mereka sedang mengalami fase Starburst. 


Galaksi Antennae

1 comment: